Buku “Prototipe Model Project by Choice: PjBL Berdiferensiasi Terintegrasi Metode Sejarah Berbantukan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Historis Siswa” merupakan panduan inovatif yang dirancang untuk membantu guru sejarah meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan mengintegrasikan pendekatan Project-Based Learning (PjBL) dan pembelajaran berdiferensiasi, buku ini memberikan model pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk lebih aktif, mandiri, dan kontekstual dalam memahami sejarah.
Melalui penggunaan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang terstruktur, buku ini menawarkan solusi konkret dalam mengatasi tantangan pembelajaran berbasis proyek, seperti pengelolaan waktu dan ketidakpastian hasil. Siswa diajak untuk mengembangkan keterampilan berpikir historis, termasuk analisis sumber, kontekstualisasi, dan pembuktian sejarah.
Buku ini ditujukan bagi pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan yang ingin menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan siswa di era Kurikulum Merdeka. Dengan pendekatan berbasis proyek yang berorientasi pada diferensiasi, buku ini menjadi referensi penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan reflektif siswa terhadap sejarah.